Info MetroTv

Jumat, 07 Mei 2010

PILKADA PAPUA USUL PENUNDAAN

 Sebanyak 21 KPUD Kabupaten se Propinsi Papua yang ada pada 2010 ini yg menyelenggarakan PEMILU KADA,hari jumat di Jayapura (30/4), sepakat mengusulkan kepada Menteri Dalam Negeri untuk menunda proses pelaksanaan Pilkada selama 60 hari,penundaan ini memberikan waktu kepada Pemerintah pusat untuk menerbitkan payung hukum bagi ketentuan orang asli Papua sebagai calon kepala Daerah kab/kota di Papua.

Kesepakatan ini merupakan tindak lanjut dari SK MRP pada tgl 26 November 2009.saat itu MRP Menerbitkan Surat Keputusan Nomor: 14 Tahun 2009,ttg Penetapam Orang Asli Papua sebagaii syarat khusus dalam penentuan Bakal calon Bupati/Wakil Bupati dan Wali Kota/Wakil Wali Kota di Tanah Papua MRP memutuskan bakal calon kepala daerah dan wakilnya adalah org asli Papua.

Yang dimaksud org asli Papua yaitu :
1. Org yg lahir dari ayah dan ibunya dari runpun Melanesia
2. Mengukuti Garis keturunan ayah atau sistem patrilineal
3. Orang tersebut memiliki basis kultur dalam adat masyarakat asli Papua

Kemudian dengan Muncul SK tersebut (SK MRP 14/2009) setiap bakal calon kepala Daerah dan wakilnya harus mengantongi rekomendasi keaslian sebagai orang asli Papua dari MRP.

Saya harap Pemerintah/Mendagri harus mengabulkan Permohonan KPUD Se Propinsi Papua untuk 60 Hari, dan MA harus mengabulkan FATMAnya kepada ( SK Kurtur No.14/2009 MRP). Aceh dan Papua menerima Otsus yang sama yaitu Papua UU No.21/2001 sedangkan Aceh UU 23/2001,Propinsi Aceh sudah melaksanakan PILKADA Gubernur maupun Bupati seluruh aceh harus org asli ACEH, baik Bupati/Wali Kota maupun Wakil Bupati/Wkl Kota, sejak UU Otsus Aceh diterapkan pada thn 2001....masah sih Papua baru 2010.

.........Semoga Pemerintah mendengarkannya............Enda Munin,

0 komentar:

Tinggalkan Pesan Anda :


ShoutMix chat widget

Anda Pengunjung Ke :

Jangan Lupa Tuk Berkunjung Ke Blog Ini Yah...

***

Jika anda sudah memiliki account Facebook , Klik " Connect", Jika belum memiliki account Facebook , Klik "Sign Up"
Widget by: Facebook Develop by: aulia Thank's to: Phaul-Heger

Inya Bay Atiati's

  © Blogger templates 'Sunshine' by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP  

Satu Pilihan